Apel 'Daging' Merah Pertama di Dunia Ditemukan

Sabtu, 17 Juli 2010 - 16:44 wib
LONDON - Selama ini daging buah apel yang dikenal di dunia rata-rata hanyalah berwarna putih. Namun, Sutton, perusahaan agrobisnis asal Inggris berhasil mengembangkan buah apel dengan warna keseluruhan merah termasuk daging buahnya.

Apel yang diberi nama Redlove ini akan memadati pasar buah dalam lima tahun mendatang. Demikian dilansir Foxnews, Sabtu (17/7/2010).

Pohon Redlove saat ini berada di Devon, Inggris. Saat ini, Sutton baru menyediakan sejumlah bibit apel merah tersebut. Pengembangan Apel berdaging merah ini memakan waktu sekira 20 tahun hingga menghasilkan buah dengan kualitas baik.

Apel tersebut juga diklaim kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Sebelumnya pada tahun 2009, ilmuwan Australia juga berhasil mengembangkan tanaman apel yang diklaim sebagai varietas unggul. Apel tersebut bisa tetap segar selama sebulan penuh setelah dipetik dari pohon. Apel yang diklaim sebagai apel terbaik itu dikembangkan oleh peneliti sekira 20 tahun.

Apel yang diberi nama kode RS103-130 itu mampu bertahan 14 hari tanpa busuk dan tetap segar di tempat buah. Tapi jika dimasukan ke dalam lemari es, apel mampu bertahan hingga sebulan penuh tanpa membusuk.

Salah seorang peneliti, dr Simon Midleton mengatakan, apel unik yang dikembangkannya sejak 1980 di Applethorpe Research Station sangat unik. Australia bisa menghemat sekira 6 juta poundsterling setahun jika menanam apel ini, mengingat para petani tak perlu memerlukan biaya banyak untuk melakukan penyemprotan hama.
(ugo)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 

Batu Aji-Batam Centre Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts